Minggu, 10 Maret 2013

Sejarah Perkembangan Mie

Perkembangan Mie Sejak 4000 Tahun Lalu dan Jenisnya

Selama bertahun-tahun, asal usul mie menjadi perdebatan. Masih simpang siur siapa yang pertama kali membuatnya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa mie yang pertama kali dibuat di daratan Mediterania. Lain lagi mengungkapkan teknologi pembuatan mie dikembangkan di timur tengah, ada pula sebuah catatan tua yang merekam bahwa mie pertama kali dibuat saat zaman Dinasti Han di china tahun 25-200. kemudian pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan china.
Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk china modern adalah yang pertama membuat mie, namun apakah teknologi pembuatannya diadopsi dari timur tengah atau tidak. masih  terus menjadi perdebatan.

Penemuan Mie Tertua Berumur 4000 Tahun

Dari Mie untuk Pasta
Banyak orang yang menyangka mie berawal dari pasta sehingga menunjuk Italia yang pertama kali membuat mie. namun, banyak sejarahwan percaya bahwa ketika Marco Polo berkunjung ke china abad ke-13, dia menyukai mie dan membawanya ke Itali dan mempengaruhi masakan di negaranya. pada kenyataanya, mie tidak menjadi makanan pokok di Itali sampai abad ke-17 dan 18.
Di benua Asia, mie tidak begitu banyak menyebar sampai kira-kira tahun 100. Pada saat tersebut, mie mulai dikenal dan disukai di beberapa negara seperti, Jepang, Korea, Vietnam, Laos, bahkan sampai negara-negara di Asia Tenggara dan Asia.

Arti Mie
Dalam budaya China, Mie adalah simbol kehidupan yang panjang. makanya mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru Cina sebagai lambang umur panjang. sehingga versi kue ulang tahun cina adalah mie ulang tahun.
Di Jepang, mie dimasukkan didalam upacara minum teh jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri dinegara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar